Desember 09, 2010

Membuang sampah Sembarangan

Yahh..  Sebenarnya saya tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk memposting masalah sampah ini, namun karena rujukan dan anjuran dari seorang @sialit saya akan mencoba mengulas masalah yang sangat akrab ini, yahh SampaH. 
ketika di televisi kita sering menyaksikan terjadi banjir yang di sebabkan oleh timbulnya sampah..  Maka apa yang muncul dalam benak kita??
"Siapa sich yang buang sampah sembarangan itu???"....Sering kali pertanyaan itu yang malah muncul di kepala kita.
Marilah kita intropeksi diri sejenak..
Bukankah jauh lebih baik ketika mindset kita dirubah untuk tidak saling menyalahkan?
contonhya saja yang kita pikirkan adalah "Apa yang bisa saya lakukan untuk menanggulanginya?" atau "Bagaimana caranya agar lingkungan saya tidak terkena banjir". Ya pola pikir kita memang harus dirubah agar dapat mengatasi masalah SAMPAH ini..
Membuang sampah sembarangan adalah perilaku yang sangat buruk di masyarakat, namun sebagian masyarakat menganggapnya hal yang biasa, bahkan sebagian dari mereka melakukannya berulang ulang.

Membuang sampah sembarangan sangat merugikan diri sendiri, orang lai dan lingkungan sekitar, namun tidak semua orang mau menegur orang-orang yang membuang sampah sembarangan akibatnya orang yang melakukannya tidak akan merasa melakukan kesalahan. Ironisnya Perilaku ini dapat menular ke orang lain di lingkungan sekitar, inilah penyebab sulitnya menumbuhkan budaya membuang sampah pada tempatnya..

Mari kita lihat dalam perspektif islam, jika merujuk pada hadist Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam:
((لا يدخل الجنة من كان في قلبه مثقالُ ذرة من كبر)). قال رجل: إن الرجل يحب أن يكون ثوبه حسناً ونعله حسنةً. قال: ((إن الله جميلٌ يحب الجمال، الكبر بطر الحق وغمط الناس)) رواه مسلم.
“Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada kesombongan seberat biji debu”. Ada seorang yang bertanya: Sesungguhnya setiap orang suka (memakai) baju yang indah, dan alas kaki yang bagus, (apakah ini termasuk sombong?). Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain”.
maka dapat disimpulkan bahwa umat muslim diwajibkan untuk membuang sampah pada tempatnya, untuk menjaga keindahan alam.. Sesuai dengan pepatah arab yang menyatakan "Kebersihan Sebagian Dari Iman".

Dalam pandangan ilmu lingkungan, maka membuang sampah ataupun limbah sembarangan sangatlah merugikan. Karena tumpukan limbah yang tidak terkontrol merupakan sarang mikroorganisme baik itu virus, bakteri dan jamur penyakit yang berbahaya. Sementara limbah yang dibuang sembarangan akan menyebabkan rusaknya ekosistem dan dapat merusak daur unsur BIOGEOKIMIA dalam lingkungan.
Melihat dampak lingkungan dan larangan yang saya ungkapkan diatas, apakah ANDA masih berani membuang sampah sembarangan?...

BEST REGARDS....
MM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar